Langsung ke konten utama

Alun-Alun Bondowoso, Tempat Terbaik Berburu Spot Foto Instagramable di Tengah Kota

 

Alun-alun Bondowoso bisa menjadi tempat liburan murah-meriah yang tepat bagi keluarga dengan berbagai daya tarik yang ditawarkan

Pandhalungan.com - Daerah di Provinsi Jawa Timur memang tidak pernah ada habisnya menyajikan beragam pilihan wisata yang menarik. 

Salah satu kabupaten yang memiliki aneka spot wisata menawan mulai dari wisata alam, budaya, dan sebagainya adalah Bondowoso. Alun-alun Bondowoso menjadi spot wisata yang paling mudah ditemukan karena berada di tengah kota.

Alun-alun berupa taman di tengah kota ini memang menjadi spot bersantai bagi para warga lokal Bondowoso. 

Namun selain dipakai sebagai tempat liburan dan bersantai warga, alun-alun ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah yang sengaja datang ke Bondowoso atau sekedar mampir saja.

Hal ini karena Alun-alun Bondowoso atau disebut RBA Ki Ronggo sendiri merupakan objek atau ikon yang umumnya pertama kali akan dilihat oleh orang dari luar kota ketika mengunjungi daerah ini. 

Sebagai sebuah ikon sekaligus jantung kota, tempat ini akan mempertemukan warga kota dan orang dari luar untuk bersantai bersama.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Bondowoso



Tempat wisata berupa alun-alun ini memiliki beberapa daya tarik sehingga sering dikunjungi oleh masyarakat lokal hingga nasional. 

Bahkan, beberapa turis mancanegara juga ada yang berlibur ke tempat ini untuk mengambil foto atau sekedar bersantai setelah lelah berkeliling. Berikut daya tarik yang ditawarkan:

✦ Rerumputan Hijau di Tengah Lapangan

Rumput jepang atau biasa orang sebut rumput Teletubbies adalah rumput berwarna hijau cerah yang akan menutupi seluruh tanah di bawahnya. Rumput ini jika dilihat sekilas bagaikan permadani hijau yang menawan.

Begitupun ketika rumput ini ditanam di bagian tengah lapangan alun-alun RBA Ki Ronggo membuat alun-alun terlihat seperti permadani hijau. Ditutupi oleh rumput hijau yang bersih membuat alun-alun ini banyak digunakan warga untuk menggelar piknik.

✦ Banyak Pedagang Kuliner

Para pecinta kuliner wajib kumpul di Alun-alun Bondowoso untuk mencicipi berbagai jenis hidangan kuliner lezat yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di tepi alun-alun. 

Tidak hanya jajanan saja, namun di sekitar alun-alun juga ada pedagang sarapan atau makanan berat.

Bahkan, saat bulan suci Ramadhan banyak stand bazar makanan yang menjajakan aneka kuliner khas di trotoar sekeliling alun-alun.

✦ Aneka Spot Foto Menawan



Daya tarik wajib dari setiap tempat wisata tentu saja spot foto yang menawan. Alun-alun Bondowoso juga memiliki beberapa tempat yang biasa dijadikan sebagai spot foto para pengunjungnya. 

Spot foto yang terkenal ada di tempat tiang warna-warni, tempat seperti terowongan warna kuning, pohon beringin di tengah alun-alun serta Monumen Gerbong Maut.

Alun-alun Bondowoso berada di Jalan Jaksa Agung, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

Alun-alun ini merupakan fasilitas umum sehingga terbuka 24 jam untuk pengunjung. Spot wisata umum ini terletak sekitar 2 km timur laut dari Kota Bondowoso.

Alun-alun merupakan lapangan terbuka hijau yang tanahnya biasanya ditutupi oleh rumput hijau. Lapangan lebar yang terbuka untuk umum ini bisa diakses oleh siapa saja secara gratis karena memang tidak dikenakan tiket masuk.

Namun, bagi para pengunjung harus membayar biaya parkir kendaraan jika membawa kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. 

Biaya retribusi parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000, sedangkan biaya parkir roda empat sebesar Rp5.000.

Wisata terbuka yang ada di Bondowoso ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas berupa prasarana untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. 

Pada bagian terluar alun-alun sudah disediakan areal khusus yang cukup luas untuk parkir kendaraan baik motor maupun mobil. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung membawa kendaraan pribadi.

Di beberapa sudut kawasan alun-alun juga sudah disediakan toilet umum yang bisa digunakan oleh pengunjung. Untuk menggunakan toilet umum, maka pengunjung akan dikenakan biaya kebersihan yang sangat murah.***


Sumber : JavaTravel

Pewarta : Andre

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Lebih Dekat Keunikan dan Keindahan Gunung Vulkanik di Perbatasan 3 Kabupaten Jawa Timur

Keindahan puncak Gunung Raung/Foto YouTube/Andre Pandhalungan.com - Gunung Raung, sebuah surga alam bagi para pencinta pendakian, khususnya bagi Anda yang merindukan petualangan di atas puncak.  Terletak di Jawa Timur, Indonesia, gunung ini mempesona namun menantang, dengan jalur-jalur yang memikat hati namun ekstrim. Sambutan yang ditawarkan gunung ini adalah tantangan melintasi tebing curam berbatu yang menyempit, menjadikannya sebagai tempat yang menuntut keberanian dan keterampilan ekstra bagi para pendaki yang berani. Gunung ini tidak hanya dikenal dengan jalur treknya yang ekstrim, tetapi juga dipenuhi dengan fakta-fakta menarik yang mengundang perhatian.  Walaupun begitu, gunung vulkanik ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain keindahan alami yang dimilikinya, gunung ini terletak di daerah Bondowoso Jawa Timur.  Pemandangan dari atas gunung sangatlah indah, cocok untuk Anda dan keluarga melakukan selfie bersama. Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Raung Gunung yang disebut-

Menikmati Keindahan Air Terjun di Bondowoso yang Menyuguhkan Panorama Alam Super Eksotis

Wisatawan langsung merasakan kesegaran alam Air Terjun Pulo Agung/Foto YouTube/(Andre)  Pandhalungan.com - Selama periode liburan, Air Terjun Pulo Agung selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin langsung merasakan kesegaran alam yang tersedia di lokasi ini. Tempat wisata alam di Bondowoso ini, telah dikenal luas oleh wisatawan lokal, karena keindahan pemandangannya yang memukau. Tidak hanya unggul dalam keindahan pemandangannya, namun air terjun ini juga memiliki keistimewaan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Umumnya, orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata setelah mengetahui tentang keistimewaan dan daya tarik yang ada. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencari tahu tentang pesona yang ditawarkan oleh sebuah destinasi sebelum memutuskan untuk berkunjung. Dengan memiliki pengetahuan tentang daya tarik tersebut, anda akan bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk berlibur ke tempat tersebut atau tidak. Day

Air Terjun Blawan, Menyaksikan Pesona Air Terjun Niagara Versi Mini di Bondowoso

Keindahan Air Terjun Blawan menjadi salah satu hal menarik yang bisa dipertimbangkan ketika ke Bondowoso  Pandhalungan.com - Bondowoso adalah sebuah Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur dan memiliki berbagai wisata alam menarik yang bisa dikunjungi.  Salah satu wisata alam yang bisa dijelajahi adalah Air Terjun Blawan yang sangat indah. Air terjun ini cukup terkenal sehingga menjadi tempat wisata wajib bagi siapapun yang sedang berwisata ke Bondowoso. Sebetulnya, air terjun yang eksotis ini bukanlah tempat wisata yang baru. Hanya saja, memang tidak banyak yang berkunjung ke sini selain warga setempat yang tidak jauh dari air terjun.  Pasalnya, Bondowoso bukanlah destinasi wisata utama bagi wisatawan yang hendak berlibur ke area di Jawa Timur. Akan tetapi, sekarang air terjun ini mulai banyak dilirik oleh para wisatawan yang asalnya dari luar Jawa Timur.  Pemandangan yang ditawarkan di sekitar air terjun sangat menarik sebagai tempat spot berfoto sehingga wisatawan bisa menga