Langsung ke konten utama

Melihat Lebih Dekat Keunikan dan Keindahan Gunung Vulkanik di Perbatasan 3 Kabupaten Jawa Timur

Keindahan puncak Gunung Raung/Foto YouTube/Andre


Pandhalungan.com - Gunung Raung, sebuah surga alam bagi para pencinta pendakian, khususnya bagi Anda yang merindukan petualangan di atas puncak. 

Terletak di Jawa Timur, Indonesia, gunung ini mempesona namun menantang, dengan jalur-jalur yang memikat hati namun ekstrim.

Sambutan yang ditawarkan gunung ini adalah tantangan melintasi tebing curam berbatu yang menyempit, menjadikannya sebagai tempat yang menuntut keberanian dan keterampilan ekstra bagi para pendaki yang berani.

Gunung ini tidak hanya dikenal dengan jalur treknya yang ekstrim, tetapi juga dipenuhi dengan fakta-fakta menarik yang mengundang perhatian. 

Walaupun begitu, gunung vulkanik ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain keindahan alami yang dimilikinya, gunung ini terletak di daerah Bondowoso Jawa Timur. 

Pemandangan dari atas gunung sangatlah indah, cocok untuk Anda dan keluarga melakukan selfie bersama.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Raung

Gunung yang disebut-sebut memiliki ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut ini menempati posisi ketiga tertinggi di Jawa Timur, Indonesia. 

Tetapi, patut diperhatikan bahwa keagungan ketinggiannya masih kalah dibandingkan oleh Gunung Arjuno dan Gunung Semeru.

Meskipun demikian, gunung ini punya sebutan istimewa sebagai puncak tertinggi dalam deretan rangkaian pegunungan Ijen. 

Gunung Raung mengelilingi tiga wilayah kabupaten yang berbeda, yakni Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso.

Informasi ini teruji kebenarannya dengan melihat letak administratif dan geografisnya. Selain itu, gunung ini memiliki empat puncak, yang menjadikan penjelajah dapat memilih berbagai rute untuk mencapai puncaknya. 

Puncak Bendera menjadi titik tertinggi pertama dengan ketinggian mencapai 3.519 meter di atas permukaan laut.

Di samping itu, terdapat puncak kedua dan ketiga dengan ketinggian masing-masing 3.108 meter dan 3.300 meter di atas permukaan laut. 

Kedua puncak itu dikenal sebagai Puncak 17 dan Puncak Tusuk Gigi, sementara puncak keempat disebut Puncak Sejati.

Puncak Sejati inilah yang berdiri paling gagah, memegang predikat tertinggi di antara yang lain dengan ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut. 


Menggapai Gunung Raung sebagai destinasi petualangan alam yang baru mungkin akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda. Siapa tahu, gunung ini akan menjadi tempat wisata yang membawa kesan mendalam.

Alamat Lokasi Gunung Raung

Gunung Raung adalah Gunung Berapi yang berada di 3 perbatasan kabupaten, yaitu: Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember. 

Gunung ini berada di Provinsi Jawa Timur, Anda bisa cek di google maps secara digital untuk pengguna android.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket wisata Gunung Raung berkisar Rp50.000/orang, untuk biaya gojek Rp50.000. Tapi jika Anda ingin melakukan gojek PP, Anda dikenakan biaya dua kali lipat, yaitu total Rp100.000.

Bagi Anda yang menggunakan jasa pemandu dan porter, biaya yang perlu dikeluarkan cukup mahal, sekitar Rp400.000 – Rp.1.300.000. Informasi tersebut di update pada bulan Agustus 2023 lalu.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas di Gunung Raung berada di basecamp nya dengan tujuan yang sangat jelas, untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan praktis bagi para pengunjung. 

Di sana, tersedia fasilitas umum yang sangat bermanfaat seperti toilet, kamar mandi, dan mushola sederhana bagi umat Muslim yang ingin melaksanakan ibadah.

Tidak hanya itu, untuk kebutuhan konsumsi, tersedia warung makan dengan menu lengkap yang khas dari daerah Banyuwangi. 

Kemudian, jika Anda memerlukan bantuan, tersedia pula layanan penyewaan pemandu dan porter yang siap membantu menjadikan perjalanan wisata Anda menjadi lebih lengkap dan menyenangkan.

Tempat ini sungguh merupakan keajaiban ciptaan Tuhan yang selalu memberikan ketakjuban yang luar biasa. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba dan nikmati keindahan destinasi alam yang satu ini.***


Sumber : JavaTravel

Pewarta : Andre 

Editor : Agus. S

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Keindahan Air Terjun di Bondowoso yang Menyuguhkan Panorama Alam Super Eksotis

Wisatawan langsung merasakan kesegaran alam Air Terjun Pulo Agung/Foto YouTube/(Andre)  Pandhalungan.com - Selama periode liburan, Air Terjun Pulo Agung selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin langsung merasakan kesegaran alam yang tersedia di lokasi ini. Tempat wisata alam di Bondowoso ini, telah dikenal luas oleh wisatawan lokal, karena keindahan pemandangannya yang memukau. Tidak hanya unggul dalam keindahan pemandangannya, namun air terjun ini juga memiliki keistimewaan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Umumnya, orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata setelah mengetahui tentang keistimewaan dan daya tarik yang ada. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencari tahu tentang pesona yang ditawarkan oleh sebuah destinasi sebelum memutuskan untuk berkunjung. Dengan memiliki pengetahuan tentang daya tarik tersebut, anda akan bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk berlibur ke tempat tersebut atau tidak. Day

Air Terjun Blawan, Menyaksikan Pesona Air Terjun Niagara Versi Mini di Bondowoso

Keindahan Air Terjun Blawan menjadi salah satu hal menarik yang bisa dipertimbangkan ketika ke Bondowoso  Pandhalungan.com - Bondowoso adalah sebuah Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur dan memiliki berbagai wisata alam menarik yang bisa dikunjungi.  Salah satu wisata alam yang bisa dijelajahi adalah Air Terjun Blawan yang sangat indah. Air terjun ini cukup terkenal sehingga menjadi tempat wisata wajib bagi siapapun yang sedang berwisata ke Bondowoso. Sebetulnya, air terjun yang eksotis ini bukanlah tempat wisata yang baru. Hanya saja, memang tidak banyak yang berkunjung ke sini selain warga setempat yang tidak jauh dari air terjun.  Pasalnya, Bondowoso bukanlah destinasi wisata utama bagi wisatawan yang hendak berlibur ke area di Jawa Timur. Akan tetapi, sekarang air terjun ini mulai banyak dilirik oleh para wisatawan yang asalnya dari luar Jawa Timur.  Pemandangan yang ditawarkan di sekitar air terjun sangat menarik sebagai tempat spot berfoto sehingga wisatawan bisa menga