Langsung ke konten utama

Air Terjun Blawan, Menyaksikan Pesona Air Terjun Niagara Versi Mini di Bondowoso

Keindahan Air Terjun Blawan menjadi salah satu hal menarik yang bisa dipertimbangkan ketika ke Bondowoso 


Pandhalungan.com - Bondowoso adalah sebuah Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur dan memiliki berbagai wisata alam menarik yang bisa dikunjungi. 

Salah satu wisata alam yang bisa dijelajahi adalah Air Terjun Blawan yang sangat indah. Air terjun ini cukup terkenal sehingga menjadi tempat wisata wajib bagi siapapun yang sedang berwisata ke Bondowoso.

Sebetulnya, air terjun yang eksotis ini bukanlah tempat wisata yang baru. Hanya saja, memang tidak banyak yang berkunjung ke sini selain warga setempat yang tidak jauh dari air terjun. 

Pasalnya, Bondowoso bukanlah destinasi wisata utama bagi wisatawan yang hendak berlibur ke area di Jawa Timur.

Akan tetapi, sekarang air terjun ini mulai banyak dilirik oleh para wisatawan yang asalnya dari luar Jawa Timur. 

Pemandangan yang ditawarkan di sekitar air terjun sangat menarik sebagai tempat spot berfoto sehingga wisatawan bisa mengabadikan momen di sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Blawan

Jika tertarik ke sini, perlu tahu apa saja daya tarik yang ditawarkannya. Berikut merupakan beberapa daya tarik yang dimiliki oleh wisata air terjun di Bondowoso ini:

✦ Niagara Versi Mini

Air Terjun Blawan disebut sebagai air terjun Niagara versi mini yang ada di Bondowoso. Pasalnya, bentuk air terjun ini memang melebar dengan debit air yang tinggi. Meski begitu, aliran airnya tidak sederas air terjun Niagara yang ada di Amerika sana. Itu sebabnya, air terjun ini sangat menarik dikunjungi karena berbeda dari bentuk air terjun pada umumnya.


✦ Dikelilingi Tebing

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh air terjun yang eksotis ini adalah posisinya yang dikelilingi oleh tebing. Ukuran tebingnya cukup tinggi dan membuat tempat ini cocok untuk berfoto. Tebing ini ada yang berbatu dan diselimuti oleh lumut. Sementara di sisi lainnya merupakan tebing tanah dengan banyak akar-akar pohon dengan ukuran besar.

✦ Dikelilingi Kebun

Sebelum masuk ke air terjun, wisatawan akan melewati perkebunan kopi dan macadamia yang sangat luas milik PTPN. Suasana di sekitar air terjun ini sangat asri sehingga cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga dan teman-teman. Pepohonan yang ada di sekitar air terjun memiliki ukuran yang sangat besar.

✦ Lokasi yang Alami

Salah satu daya tarik dari lokasi jalan-jalan alam ini adalah lokasinya yang masih sangat alami. Hal ini disebabkan posisi air terjunnya yang dari atas tebing dan jalur masuknya yang tidak begitu lebar. 

Akibatnya, kawasan di sekitar sini memang dijaga keasliannya. Wisatawan pun tidak terganggu dengan banyak penduduk lokal dan perumahan.

Air terjun ini termasuk ke dalam kawasan perkebunan kopi yang menjadi milik PTPN. Meski begitu, letak lokasi sekitar 52 km dari kawasan kota Bondowoso, Jawa Timur. 

Namun, jangan khawatir karena lokasi bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan. Setelah parkir, maka wisatawan hanya perlu berjalan sejauh 100 meter ke air terjun.

Alamat Air Terjun Blawan berada di Kampung Rengahrejo, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen. Sumber air terjun ini memang berasal dari kawah ijen dengan intensitas air terjun yang cukup tinggi. 

Sayangnya, wisatawan hanya bisa menikmati pemandangan dari sebelah Barat saja karena tersedia tanah kosong yang dijaga pagar sehingga lebih aman.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket masuk yang harus dibayarkan wisatawan untuk bisa masuk ke Air Terjun Blawan sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja untuk hari Senin hingga Jumat. 

Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, harga tiket naik menjadi Rp10.000 karena semakin banyaknya wisatawan berkunjung. Tiket ini berlaku untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Apabila membawa kendaraan pribadi, maka wisatawan harus membayar uang parkir yang berbeda dengan tiket masuk. 

Parkir motor akan dikenai retribusi sebesar Rp2.000 sementara untuk mobil akan dikenai tarif sebesar Rp5.000.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Berkunjung ke Air Terjun Blawan tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, terutama lahan parkir. Di sini, wisatawan bisa membawa kendaraan bermotor untuk bisa ke air terjun. 

Hanya saja, lahan parkirnya tidak dekat dengan air terjun agar tidak mengganggu wisatawan yang ingin pergi piknik. Lahan parkirnya luas dan bisa menampung motor sekaligus mobil.

Bagi wisatawan yang tidak membawa makanan pun tidak perlu khawatir, karena di daerah sekitar ini sudah banyak warung wisata. 

Warung ini menjajakkan makanan untuk para wisatawan seperti makanan ringan dan minuman. Begitu juga dengan wisatawan yang ingin berfoto, sudah ada lokasi tertentu untuk mengambil foto yang bagus.***

Sumber : JavaTravel

Pewarta : Andre

Editor : Agus. S

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Lebih Dekat Keunikan dan Keindahan Gunung Vulkanik di Perbatasan 3 Kabupaten Jawa Timur

Keindahan puncak Gunung Raung/Foto YouTube/Andre Pandhalungan.com - Gunung Raung, sebuah surga alam bagi para pencinta pendakian, khususnya bagi Anda yang merindukan petualangan di atas puncak.  Terletak di Jawa Timur, Indonesia, gunung ini mempesona namun menantang, dengan jalur-jalur yang memikat hati namun ekstrim. Sambutan yang ditawarkan gunung ini adalah tantangan melintasi tebing curam berbatu yang menyempit, menjadikannya sebagai tempat yang menuntut keberanian dan keterampilan ekstra bagi para pendaki yang berani. Gunung ini tidak hanya dikenal dengan jalur treknya yang ekstrim, tetapi juga dipenuhi dengan fakta-fakta menarik yang mengundang perhatian.  Walaupun begitu, gunung vulkanik ini sangat cocok untuk liburan keluarga, selain keindahan alami yang dimilikinya, gunung ini terletak di daerah Bondowoso Jawa Timur.  Pemandangan dari atas gunung sangatlah indah, cocok untuk Anda dan keluarga melakukan selfie bersama. Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Raung Gunung yang disebut-

Menikmati Keindahan Air Terjun di Bondowoso yang Menyuguhkan Panorama Alam Super Eksotis

Wisatawan langsung merasakan kesegaran alam Air Terjun Pulo Agung/Foto YouTube/(Andre)  Pandhalungan.com - Selama periode liburan, Air Terjun Pulo Agung selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin langsung merasakan kesegaran alam yang tersedia di lokasi ini. Tempat wisata alam di Bondowoso ini, telah dikenal luas oleh wisatawan lokal, karena keindahan pemandangannya yang memukau. Tidak hanya unggul dalam keindahan pemandangannya, namun air terjun ini juga memiliki keistimewaan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Umumnya, orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata setelah mengetahui tentang keistimewaan dan daya tarik yang ada. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencari tahu tentang pesona yang ditawarkan oleh sebuah destinasi sebelum memutuskan untuk berkunjung. Dengan memiliki pengetahuan tentang daya tarik tersebut, anda akan bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan untuk berlibur ke tempat tersebut atau tidak. Day